Thursday, December 30, 2010

Mari Melek Keuangan

Dari berbagai penelitian, banyak orang masih belum melek keuangan. Di Indonesia, pertumbuhan kredit konsumsi lebih tinggi dari pada investasi. Kalo gak percaya baca di
Artinya, kitorang belum sepenuhnya melek keuangan. Kalau melek karena ada uang tuh pasti. Aku juga begitu, he...he
beberapa ciri orang yang melek keuangan adalah
1. bisa membedakan mana konsumsi mana investasi
2. bisa membedakan mana investasi dan mana spekulasi
3. bisa melakukan berinvestasi
Kemarin, waktu diperjalanan, sambil nyetir (motor) aku baru kepikiran, betapa tingginya efek multiplier sebuah investasi (ciri khususku adalah bisa dapat ide di perjalanan)
let say, kitorang punya uang Rp. 100.000. mau bwt apa ? ya suka-suka lah. tapi mari kita itung dengan berbagai kemungkinan
  1. beli makanan, dimakan. Amblash lah uang segitu jadi bangkai di perut kita. makanya contoh ke dua dan ketiga, diasumsikan kita tidak sedang kelaparan.
  2. ditabung, anggaplah di bank syariah, dapat bagi hasil 7 %. pa (per annum=per tahun) artinya, uang itu harus diendapkan satu tahun baru dapat Rp. 7.000
  3. di belikan produk oriflame seharga Rp. 100.000 (biasanya sih Rp. 99.900), trus di jual ke teman. Dapat laba 23%. Anggap sekarang beli, besok jual, maka dalam dua hari investasi dapat 23%. Bandingkan kalau cuma di tabung, tunggu setahun baru dapat 7%, atau mau harian, bagi hasil diterimakan bulanan, maka bagi hasil itu adalah 7%/12. Kalau bisnis ini berjalan lancar, anggap dalam satu bulan ada empat transaksi seperti itu maka dalam sebulan bisa dapat 4 x 23%= 92%. Jadi dalam sebulan, uang Rp. 100.000 bisa jadi Rp. 192.000. Hitung sendiri kalau setahun. halalll.
  4. anggap jual beli itu gak mulus benar, kebetulan temen lagi bokek dan nawar bayar dua kali. Artinya uang kita mengendap selama dua bulan. Masih tetep untung besar. artinya dalam 2 bulan dapat 23%. tapi bisnis kita kan tidak hanya tergantung pada satu konsumen. Anggap kita punya 5 konsumen yang sama, yang artinya kita butuh Rp. 500.000, maka tinggal kalikan berapa duit kita nanti dua bulan mendatang = Rp. 500.000 x 23%. itung sendirilah.

makanya, mulai sekarang MARI BERBISNISSS!!!

Salah satu hadist Nabi adalah :

"ada sepuluh pintu rizki, sembilan diantaranya dari perdagangan"

Sekali lagi, mari berbisnis !!!

Thursday, December 23, 2010

Trend tahun 2011 : Sekali lagi, Bunga-Bunga

Kalau dilihat, memang beberapa perancang besar menggunakan bahan bunga-bunga seperti ini

John Galliano (kiri), atao Carolina Herera



Mau coba??
sumber dari http://blog.bayareafashionista.com/



My online business

Wednesday, December 22, 2010

Trend Mode Remaja 2011


Tak perlu basa-basi. Aku memprediksi bahwa satu tahun ke depan, motif bunga ceplok-ceplok akan kembali marak terutama untuk kaum muda. Jangan lupa, ini cocok bagi yang kutilang=kurus tinggi langsing. Buat yang gak kutilang, siasati aja dengan cara
  1. bunga diperkecil
  2. warna dipergelap
  3. mode disederhanakan. Jangan krembyah-krembyah (banyak rumbai-rumbai) kelebihan kain karena kita sudah kelebihan daging,
  4. Selamat mengikuti mode
  5. gambar diambil dari stylebakeryteen



Saturday, December 18, 2010

Belajar Bisnis

Inilah yang kumaksud belajar bisnis. Caraku memasukkan ke dalam blog juga masih belajaran. mudah-mudahan ini betul. Kalau mau lihat bisnisku, silakan klik alamat dibawah ini. Eng..Ing... Eeengg

MyOnlineBussiness

Monday, November 1, 2010

Kenangan Kuliah 20 tahun yang lalu



Inilah, masa-masa mudaku. Masa prihatin karena kuliah relatif bonex. Meskipun begitu tidak menghalangi untuk bisa klinong-klinong naik gunung dan menyusur pantai


Tuesday, October 19, 2010

Friends of Mine



Ini dia bapak-bapak dan ibu-ibu yang dengan semangat 45 sekolah lagi. Hampir setiap pertemuan selalu bawa kamera tetapi jarang di-upload, he...he... Sekarang lagi ada kesempatan. Mudah-mudahan jadi kenang-kenangan yang indah nantinya






Monday, October 18, 2010

Ujian Kualifikasi I

Masanya sudah datang. UJIAN KUALIFIKASI I usulan penelitian Disertasi. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ujian kali ini mendadak. Baru saja diminta mengusulkan nama-nama calon Promotor dan Co Promotor (kayak petinju), seminggu kemudian langsung dijadwal Ujian Kual 1. Tepatnya tanggal 13-14 Oktober 2010. Jadilah kami mahasiswa angkatan 2009, kelabakan. Kami belum terlalu siap karena menurut pengalaman, satu bulan setelah ditentukan promotor, baru ujian. Sekarang mepet banget. Bahkan waktu ujian itulah pertama kali bertemu promotor. Ya sutrahlah. Diusahakan sebisanya.
Alhamdulillah, so far so good. Hasilnya LULUS dengan perbaikan. Ya jelas lah. perlu perbaikan dan penyempurnaan untuk dapat menjadi proposal yang setengah mateng. Lha wong yang diajukan kemarin hanya draft ide penelitian. Untuk gak banyak perubahan atau usulan besar yang membuat aku mumet. Ada beberapa teman yang dibikin mumet karena usulan promotor benar-benar harus membuatnya seakan memulai dari awal lagi. Wis pokok-e Alhamdulillah.

Monday, September 20, 2010

In Tune Ngajar Lagi.

Sebenarnya, kembali mengajar itu seneng-seneng susah. Sangat menyenangkan bertemu mahasiswa, belajar, diskusi-diskusi, ketawa ketiwi dengan mahasiswa. Yang susah tentu saja beban mengajar, menilai dan pendukungnya. Saat ini sebenarnya aku masih tercatat sebagai orang yang tugas belajar, jadi tidak ada kewajiban mengajar. Jadi ngajar kuanggap sebagai rekreasi aja.
Sementara ini, proses belajarku masih dalam tahap vakum setelah selesai ujian akhir dan menunggu proses berikutnya yaitu penetapan promotor dan persiapan kualifikasi. Meskipun masih bingung, yah paling tidak arahnya sudah jelas. Sesuai penugasan, aku harus meneliti tentang syariah. Alhamdulillah.

Friday, June 18, 2010

Kuliah Klasikal Sudah Berakhir

Rasanya lega. Kuliah Klasikalku di UB sudah berakhir. Tinggal jatuh bangun ngerjain Tugas UAS. So far, Alhamdulillah.

Saturday, May 15, 2010

Konferensi Ke Bali

Ini adalah cerita dipaksa untuk ikut konferensi di Bali. Hasilnya, konferensinya sehari penuh. Dua hari penuh lainnya, main. Termasuk lomba futsal antar kelas. Yang namanya antar kelas, ternyata gak murni antar kelas, wong kelasku banyak ibu-ibu cantik, yang jelas emoh berjatuh bangun main futsal. Akhirnya kelasku diewangi sama teman dari kelas sebelah. Hasilnya, aku yang jadi kiper, gak tahu siapa lawan siapa kawan. Wis pokok'e saduk aja.

aku dan Semuel nguber bola. Bolanya gak kelihatannya. Tapi percaya deh, ini lagi futsal di Pantai Kuta Bali. Kereeen.


Saturday, April 17, 2010

Kuliahku!!!

Kalau kuliah model embah-embah begini, aturan administrasi bisa ditabrak-tabrak deh. Minggu besok, seharusnya jadwal UTS. Tapi entah kenapa, semua dosen tidak memperhatikannya (yang selalu ngitung sudah berapa minggu kuliah biasanya mahasiswa). Alhasil, besok seharusnya aku agak libur, ternyata enggak. Kuliah jalan teruuus. Naseeb naseeeb.
Padahal kamisnya harus ke Bali untuk konferensi AIMI
Padahal kalau di Perbanas, jadwal UTS adalah jadwal dosen dapat pengayaan dan training-training. Gak bisa ikut deh.

Friday, March 26, 2010

Tunjangan Pendidikanku, Alhamdulillah

Namanya manusia, memang sering lupa bersyukur. Dulu, mengapa kami (aku dan rekan-rekan yang memang sudah waktunya sekolah) tidak segera berangkat adalah karena merasa dirugikan kalau sekolah. Istilah kerennya opportunity costnya tinggi. Kalau sekolah lagi, tunjangan fungsional diganti dengan tunjangan pendidikan, dan beberapa pendapatan juga akan berkurang. Bagi bapak-bapak, tentu ini memang memberatkan karena take home pay agak menurun. Makanya rame-rame protes minta tunjuangan fungsional tidak dicabut.
Tapi begitu menjalani pendidikan lanjut, bertemu dengan dosen dari PTS lain, kita ini seharusnya bersyukurrr benar-benar bersyukur. Mereka hanya mengandalkan beasiswa BPPS yang cairnya sak ilinge pemerintah, tanpa dukungan sama sekali dari PTS-nya kecuali dukungan doa. padahal yang namanya sekolah tidak hanya menghadirkan badan di kampus, kadang-kadang ada acara tambahan, yang diberi label 'wajib' tapi harus mbayar. STIE Perbanas mendukung semua itu demi kelancaran studi kami. Lak yo tepak to. Alhamdulillah

Monday, March 1, 2010

masuk sekolah lagi

satu maret, hari baru, bulan baru. awal semester dua di PDIM UB. Seperti biasa, karena gandrung sekolah, semangat empat lima deh. Sayangnya, aku masih kena flu jadi ya gak fit banget gitu. Tapi seneng banget ketemu teman-teman lagi.
Jadwalnya juga wuenak banget. mulai jam 09.30, jadi bisa berangkat jam 6. soalnya, denger-denger, kelas lain dimulai jam 7 pagi. wah, bisa-bisa berangkat subuh dong dari Surabaya. Untung gak jadi kuliah subuh. slamet...slamet

Wednesday, January 13, 2010

Tugasku oh Tugasku

Inilah salah satu konsekuensi sekolah. Mengerjakan Tugas. Dari lima mata kuliah, ada tujuh tugas. Semuanya harus menggunakan banyak referensi, jurnal deesbe deesbe. Kalau menurutku, ini sih menarik dan menantang. Dasarnya aku suka browsing apa saja.

Meskipun merasa tertantang, tanpa sadar ternyata aku setres juga. Murus dan tidak bisa tidur. Ternyata, setelah ketemu teman-teman (soalnya ngerjainnya di rumah masing-masing), kasusnya sama. Ada yang nggreges, murus, migrain, berat badan turun sampai tujuh kilo (yang ini menurutku sebenarnya enak, bisa langsing, obsesi.com). Aku sendiri, bukannya langsing, nafsu makan sangat besar malah. Kalau mau puasa aja, sahurnya sampe dua piring, takut tergoda lapar dan mokel. Tapi senengnya, meskipun makanku banyak, berat badanku gak nambah. ya itu tadi, setress.

Yang lebih susah adalah kalau deadline hampir berakhir, cape mengerjakan tugas, pengennya tidur sebentar supaya setelah tidur bisa fresh. Eh malah gak bisa nyenyak. Mangkel kan, mata ngantuk, pengen tidur, tapi gak bisa terlelap. serba salah deh.

Itulah suka dukanya orang sekolah. tapi sekali lagi, aku menikmati ini semua, karena aku suka sekolah...!!

Saturday, January 2, 2010

Reuni Kecil

Ini postingan hasil reuni antara aku, Yani, Inez, Endi, Yaning dan Hargono di RM Kebun Kota. Ku posting di sini karena lebih mudah. Nanti tinggal di link di FB (kalau sempat dan ingat).